Brotherhood D. Alliance

Brotherhood D. Alliance adalah sebuah aliansi yang lahir di sebuah browser game strategi perang bernama Travian.

Makna dari Brotherhood D. Alliance sendiri di ambil dari bahasa inggris yang berarti aliansi persaudaraan. Yang memungkinkan semua anggota Brotherhood D. Alliance untuk bisa saling kenal dan menjalin keakraban, tidak hanya di game saja tapi juga di real life.

Diharapkan kedepannya dengan adanya blog ini semua anggota Brotherhood D. Alliance bisa saling mengenal dan menjalin persaudaraan.

Minggu, 21 Oktober 2012

12 Kesalahan Berpikir Pemula di Travian




Ada beberapa kesalahan dalam berpikir dan bermain Travian bagi para pemula, dan ini adalah 12 kesalahan berpikir pemula di Travian.

1.         Desa di sekitar saya populasinya kecil, itu berarti aman desa saya aman
Salah besar, Populasi kecil bukan berarti tidak akan ada yang mengganggu. Khusus suku teuton yang dari awal berdiri pun sudah bisa membangun 5 clubswinger, dan itu cukup untuk menggerogoti desa sekitar, termasuk desa anda.

2.         Desa besar berarti seram
Tidak juga, banyak tipe permain simcity yang malas bikin pasukan. Akibatnya desa mereka penuh dengan sumberdaya tapi tanpa penjagaan. Desa-desa seperti inilah yang menjadi target utama pemain raid. Bisa pula memang pasukannya seram, tapi bermain damai dan membiarkan desa-desa kecil di sekitarnya. Jadi jangan mudah menyerah.

3.         Membuat pasukan itu menghabiskan sumberdaya. Lebih baik membangun sumberdaya terlebih dahulu
Pemikiran yang salah, membuat pasukan justru akan memberi efek boost terhadap sumberdaya. Bayangkan jika anda memiliki 5 infantri yang bisa membawa 50 unit dari masing-masing sumberdaya tiap 30 menit. Sementara sumberdaya yang berasak dari desa anda pertambahannya paling maksimal 40 unit per jam (untuk pemula).
Tetapi semua itu tergantung pada cara anda bermain, bermain defense pun tidak ada salahnya.

4.         Masuk aliansi besar untuk dapatkan perlindungan
Tidak semua aliansi besar mau memberi perlindungan. Pikirkanlah apakah desa anda sendiri cukup layak untuk masuk aliansi mereka? Pikirkan juga bahwa aliansi besar biasanya memiliki banyak aturan. Tidak online selama 1-2 hari biasanya akan di keluarkan dari aliansi (kick) dan juga berpotensi dijadikan lahan rampokan (farm / raid). Lebih baik pilih aliansi menengah yang sesuai dengan gaya permainan anda, atau anda bisa juga membuat aliansi sendiri.

5.         Membangun  cranny sebanyak mungkin agar aman
Yang benar adalah bangun cranny yang pas dengan frekuensi online anda. Misalnya anda hanya bisa online 1 kali sehari, sementara produksi sumberdaya anda adalah 400 per hari, maka bangunlah cranny yang kapasitasnya melebihi kapasitas produksi sumberdaya anda perhari.
Terlalu banyak cranny akan memboroskan sumberdaya. Lagipula pemain tipe raid biasanya tidak begitu senang kalau hasil rampokannya terus-terusan 0,0,0,0. Ini akan memancing mereka mengirimkan cata ke desa anda.

6.         Lebih baik langsung mentargetkan membuat kavaleri saja daripada membuang sumberdaya untuk membuat infantri
Pertimbangkan bahwa meriset kuda itu mahal, dan modal membuatnya juga mahal. Padahal perlindungan desa dari awal sangat penting dan menentukan masa depan desa anda. Desa yang sejak awal ketahuan tidak punya perlindungan biasanya akan terus-menerus menjadi target rampokan (farm / raid).

7.         Kalau desa saya sudah jadi lahan farm / raid lebih baik delete akun saja
Player bertipe raid punya perhitungan sendiri. Desa yang terlalu besar akan malas meraid desa yang terlalu kecil. Masalahnya merampok itu juga butuh pengorbanan waktu dan sumberdaya untuk membuat pasukannya. Hal seperti ini juga bisa menjadi senjata anda dalam berdiplomasi.
Selain itu semua pemain punya jam aktifnya sendiri-sendiri. Perhatikan polanya, begitu pemain tersebut masuk jam aktif, berarti kesempatan anda untuk menyelamatkan sumberdaya. Baik itu dengan membangun bangunan sebanyak-banyaknya, mengoper ke desa lain, atau membangun cranny.

8.         Pemain yang suka merampok (raider) itu kejam
Salah, semua yang terjadi di travian itu tidak lebih dari usaha masing-masing pemian untuk eksis dan mempertahankan diri sendiri. Kalau anda bisa berdiplomasi, menawarkan pertimbangan-pertimbangan menarik supaya tidak difarm, bisa jadi anda malah berteman dengan pemain yang biasa menyerang desa anda.
Catatan lain, anda akan sangat dikagumi oleh raider kalau anda masih bisa eksis walaupun dirampok habis-habisan, dan itu sudah banyak terjadi.

9.         Untuk eksis berarti harus online 24jam/7hari
Tidak juga, banyak pilihan untuk bisa selamat tanpa harus melototin travian setiap saat. Entah dengan sitting, membuat desa baru di wilayah kosong, atau mungkin bangun cranny. Semua itu disesuaikan dengan cara bermain anda.
Walaupun diatas disarankan bahwa bermain Travian tidak harus 24jam per 7hari, bukan berarti bisa dimainkan dengan bersantai-santai juga. Kalaupun anda tidak bisa online setiap saat, tetap camkan bahwa main Travian itu harus punya perhitungan kuat. Kapan anda login, kapan anda logout, berapa lama membuat pasukan, berapa lama membangun bangunan, berapa banyak produksi sumberdayanya, dan seterusnya.

10.     Profile [#0] cukup untuk membuat orang di sekitar anda berdamai dan tidak akan menyerang anda
Salah besar, membiarkan tanda [#0] justru akan mempermudah orang menentukan kapan perlindungan pemula anda habis. Begitu perlindungan pemula anda habis, mereka akan mulai menyerang anda secara rutin.
Kesalahan lain adalah membuat profil yang terlalu lugu seperti “Jangan serang saya! Saya pemula kakak!”. Itu sama saja dengan membuat folder di komputermu dengan nama “JANGAN DI BUKA”. Semua orang yang melihat pasti akan penasaran dan membuka.
Sebaliknya profil yang terlalu dibesar-besarkan malah akan membuat anda terlihat bodoh. Misalnya desa anda masih populasi 100 tapi anda menulis “Awas! nyerang saya, saya CATA!”. Mana ada pemain yang percaya desa populasi 100 bisa membuat cata?
Jadi buatlah profil yang sedikit mengancam tapi halus.

11.     Untuk jadi pemain sukses harus pake Emas (Gold)
Ini pemikiran yang salah. Selama kita mainnya niat, tanpa goldpun kita bisa berjaya. Travian cukup fair untuk pemain non gold. Bonus SDA bisa ditutup dengan raid dan banyak fitur plus bisa diganti dengan jam online lebih sering. Nah, kalau banyak pemain gold yang jadi pemain besar, itu karena mereka mainnya jadi lebih niat setelah pake gold. Pastilah, sudah membeli gold mahal-mahal kok mainnya asal-asalan, rugi dong pastinya.

12.     Pemain Pro = multi akun / pake bot
Ini sama seperti orang bodoh yang berteriak mengatakan pemain yang mendapatkan nilai tinggi itu mencontek. Pemikiran ini akan justru membatasi diri para newbie sendiri. Daripada sibuk berprasangka terhadap pemain besar, lebih baik mencari tahu “bagaimana caranya menjadi seperti mereka?”. Pemain Pro juga tidak akan mau repot-repot menghabiskan waktu membela diri jika dituduh multiakun atau menggunakan kecurangan. Paling mereka cuma bilang “laporin aja ke MH kalau menuduh kita curang”. Sebaliknya, jika ditanya baik-baik, bukan tidak mungkin mereka berbagi sedikit tips untuk membuat anda bermain lebih baik.

Sekian dari saya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat bagi D. members dan semua pembaca lainnya. Terima kasih.



~Don~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar